12.01.2009

i cried outside, but i cried harder inside

yak jadi gue beralih haluan nih. sebenernya kan dari awal gue maunya masuk program bahasa. cuma, setelah gue pikir2 dengan sangat tidak matang dan dengan niat untuk mengakhiri sakit hati gue, gue akhirnya memilih IPS.

pertanyaannya, kenapa gue ga milih IPA??

karena ada fisika. cuma satu mata pelajaran itulah yang paling saya tidak sukai diantara semua mata pelajaran yang pernah sama pelajari. isinya rumus semua uda kayak apa. kalo yang awal2 masih oke deh ngerti kayak newton atau GLB GLBB gitu boleh lhaaa. tapi uda mulai gerak melingkar, bahkan gue gatau yang mana rumus dasar yang mana rumus campuran. beh bacanya aja gue uda males ya. kayak gajelas. gimana ngerjainnya

kenapa gue berniat meninggalkan impian masa kecil gue (baca: jadi anak bahasa)?

karena gue pada akhirnya akan selalu sakit hati kalo gue diskusiin tentang jurusan ke nyokap. i've always wanted to be an interpreter. dan semua impian gue itu berasal dari ortu. gue pengen masuk SMA Sanur dari kecil karena nyokap. tau nyokap di jurusan bahasa, gue pengen masuk bahasa. bokap gue pernah ke jepang dan lumayan bisa bahasa jepang, makanya gue mau jadi interpreter. dan memang dulu bokap gue pernah nyaranin gue buat jadi penerjemah bahasa jepang gitu. dan jadilah gue belajar bahasa jepang, sekarang ini. fyi, 'impian' gue itu uda mulai dari semenjak gua SD kali. atau bahkan TK. ntah kenapa tapi tujuan gue dari dulu sampe sekarang sama. oke gue pernah mikir untuk jadi atlet. gaboleh. dengan alasan ekonomi. fine. gue milih sanur dan bahasa.

tapi emang dasar jaman itu sangat amat menyebalkan yah. setiap kali gue ngomongin tentang jurusan dan bahasa ke nyokap gua, dia gamau gue masuk bahasa. alasannya karena anak bahasa kurang kepake. bukan gitu juga sih. cuma logikanya ga sebagus anak IPA atau IPS. dia bilang anak bahasa 20 thn yang lalu, alias jamannya dia masih bisa sukses karena persaingan belom seketat sekarang. tapiiiiiii yang gue sebelin, brarti gue gabisa melakukan sesuatu yang gue suka. pupus lah harapan gua. uda ga hidup lagi *lebay

gua suka 3 hal. musik. olahraga. bahasa.
> musik itu uda paling utama ya, dan itu memegang separuh hidup gua. i can't live without music. i really mean it. yang gua maksud live disitu bukan hidup, kalo gada musik gua mati gitu ya. tapi lebih ke live dimana setiap hari selalu ada musik. gua selalu nyanyi, setiap saat, gada yang denger, karena gua nyanyi di hati :)
> olahraga itu bukan sesuatu yang bisa gua lakukan kayak musik. waktu yang gua punya terbatas. tempat terbatas. segalanya serba terbatas. kemampuan terbatas. sibuk sekolah. dan segala macam hal lain yang membatasi gua dengan olahraga. gua suka olahraga, cuman kalo yang gua bener2 interest paling cuman beberapa. badminton basket itu uda paling gua suka. gua sempet mempunyai cita-cita, yaitu menjadi pemain badminton. tapi ortu ga setuju, alasan ekonomi. oke gua ngerti. memang susah. dan kalo uda jadi atlet, kalo cedera atau pensiun, mau kerja ape kalo gada pendidikannya? ini gua tambah ngerti lagi, dan membuat gua meninggalkan angan-angan menjadi pemain badminton :'(
> bahasa adalah salah satu hal di dalam kehidupan yang menurut gua sangat berguna. gua suka belajar bahasa. yaa mungkin beberapa bahasa gua ga gitu suka banget. cuman gua suka dan gua akan sangat bangga apabila gua bisa menguasai banyak bahasa. gua uda pernah ngerasain yang nama nya bisa baca tulis atau bahkan ngerti suatu bahasa itu enak. sejak gua bisa baca hangul (tulisan korea), gua bisa baca blog nya ko sung hyun (pemain badminton korea) atau lee yong dae atau yang korea korea gitu. kan enak. walaupun ga ngerti, cuma yaa bisa lah baca kayak ada tulisan profile pake hangul gitu. gue seneng bahasa karena kita gaperlu nunggu sampe kita uda dapet ilmunya baru diterapkan di kemudian hari (baca: kerja), tapi kita bisa dan HARUS praktek mulai saat itu juga.

oiya, yang gua bilang gua sakit hati setiap kali ngomongin tentang bahasa itu.. gua beneran.
dia bilang anak bahasa sekarang beda sama anak bahasa 20 tahun lalu dimana persaingan belom seketat sekarang. dia bilang banyak macam hal tentang bahasa yang bikin gua ngerasa anak bahasa sekarang bener2 seperti 'mending gausa ada bahasa di jaman sekarang' karena dilihat dari sisi kerja dimana katanya om gua untuk kuranglebih 10 thn ke depan, yang banyak dicari itu IT, Account sama Finance. itu memerlukan IPA atau IPS. bahasa bisa masuk itu cuman dasarnya kurang kuat (katanyaaa). trs orang2 juga kebanyakan menganggap bahwa anak bahasa itu adalah anak yang tidak lebih pintar dari anak IPS dan IPA. lu pikir anak bahasa ga pinter apa??? kita kan punya kelebihan masing-masing jangan dianggap remeh dong. anak yang pinter IPA maupun IPS kan ga semuanya pinter bahasa. pasti ada yang pinter di semua bidang cuma kan ga banyak dan setiap orang mempunyai spesifikasi sendiri. please dong, di Indonesia terutama anak bahasa kayak ga dihargain. gua sampe mikir di tengah2 hati gua yang lagi nangis gara2 ngmg sama nyokap gua, 'kalo emang bahasa ga dianggep lagi, kenapa masih ada bahasa? kenapa orang/sekolah ngebiarin anak didiknya mempunyai dua pilihan lain selain IPA? kenapa anak bahasa kurang dihargai??'. sedih banget deh beneran. apa yang sekolah bilang sama nyokap gua bilang dan om gua bilang adalah BEDA. sekolah melihat anak memilih jurusan dari apa yang dia senangi atau PRIORITAS. dan keluarga gua melihat dari sisi KERJA. and you know what??? nyokap gua bilang. "kamu gabisa cuman ngelakuin sesuatu yang bisa bikin kamu seneng aja", itu gua sakit hati banget loh. gua ngerti maksudnya biar ke depan gua bisa dapet kerjaan yang bagus, incomenya juga bagus. tapi, apapun yang gua suka memang ga ada satupun yang bisa gua jadiin profesi. kalopun ada yang bisa gua jadiin profesi, incomenya ga segede yang IT, Account maupun Finance.

musik > mau jadi apa gua?????

olahraga > uda pupus harapan gua. uda ketuaan

bahasa > interpreter paling sidejob.

dari dulu gua mau masuk bahasa. trs nyokap mulai bilang, mending gua masuk IPA karena sebenernya gua pinter cuman ya gitu malesnya ga ketolongan jadinya gua bodoh. dan gua sempat berniat masuk IPA. tapi melihat kebencian gua terhadap fisika yang sudah sangat mendalam, maka gua sangat tidak sanggup masuk IPA. juga nilai yang kayak kena angin topan, tambah gabisa. lalu, pak hari dan bu vanny kayak ngomongin ttg jurusan gitu di kelas dan membuka mata hati gua kembali terarah ke bahasa. mendengar banyaknya anak sanur yang ke jerman, gua tergiur untuk mencoba mendapatkan beasiswa. kemanapun deh asalkan bukan di indonesia. penerangan datang dari pak hari dan bu vanny membuat gua merasa sebagai anak bahasa itu ga seburuk yang banyak orang katakan jadinya. lalu, iming2an tentang pekerjaan yang semakin sulit dicari dan kebanyakan yang dicari adalah IT Akun dan Finance, mulai gelap lagi deh tuh. penerangan ilang, dan gua sadar. gua gabisa masuk bahasa. karena akan terus digunjingkan.

sebenernya gua mau2 aja masuk IPS cuma ya iitu gua gasuka akuntansi!!! aaaaaaaaaaaaaaaa padahal yah, gua ga ngerti ada apa yang merasuki otak gua kemaren, yang jelas, gua inget banget nih, pas lagi belajar jurnal gitu, tiba2 gua terpikir untuk jadi akuntan. mati banget gua. dan sekarang yang harus gua lakukan adalah menaikkan nilai GEO dan SOSIO. geo sih untuk smstr 1 gua rada gayakin yah abis nilai gua gitu sih, ga berkompromi. tapi kalo sosio masih boleh lah gua bisa belajar dengan rajin. hehe becanda abis.

ah gua jadi sebel sendiri. tapi gua beneran sedih banget kalo denger anak bahasa kayak dianggep paling susah cari kerjaan maupun masuk kuliah. ga seburuk itu lah. mungkin memang ga semudah IPA, tapi haknya anak IPS sama bahasa sama kok (kata bu vanny). cuman mungkin kalo mau jadi akuntan gua emang harus kudu ngambil IPS, biar dasarnya lebih kuat (kata tania). aaaa sebel

cuman sekarang gua uda menemukan solusi. sebenernya sih ini rada bego yah. cuman supaya impian gua tercapai, paling enggak satu aja. jadi interpreter. bisa aja itu sidejob gua. hehe bego kan yah? gua jadi akuntan, trs sidejobnya interpreter. ckckckkc. abisnya gua kayak gada tujuan hidup sih, mau jadi atlet gabisa, mau jadi interpreter, cuman bisa sidejob karena bahasa kurang berkembang di indonesia.

gua uda mulai ngelantur nih mati. tapi kalo gua bilang yah, kan gua nulis di kertas buat bu vanny, prioritas gua BAHASA. trs nilai inggris indo sama sejarah gua memang mencukupi buat masuk bahasa. sedangkan prio gua kedua IPS. nilai IPS yang belum mencukupi kayak nya GEO dan SOSIO. hehehehhe makanya nih harus dinaikin!

3 comments:

  1. DHANAAAAAAAA! UDAH JANGAN SEDIH LAGI! :)))
    Kalo menurut gua, tanpa bermaksud menambah beban sakit hati lu, lu tetep harus perjuangin cita-cita lu buat masuk bahasa dhan! percaya deh, kalo emang itu yg ada dalem hati nurani lu dan minat lu kesitu, lu harus perjuangin! kalo lu ga suka akuntansi, jangan maksa2 mau jadi akuntan dhan, at least lu suka pelajaran ips ga?

    pengalaman pribadi tante gua nih, dia dulu ga suka banget sm plajaran ips maupun ipa. dia maunya masuk pariwisata tere dulu tapi gaboleh. skarang dia jadi akuntan tapi bener2 ga hepi sama jobnya, sampe stres gila2an. dia nyesel bgt dulu ga ngambil parwis karna sbnrnya minat dia disitu :) btw kalo msn lagi i wanna talk more

    ReplyDelete
  2. wow hahaha thanks ya taann!! i really apreciate it :D ya next time when we chat itu pasti uda selse ulum. hehehe. gua baru bisa bales sekarang karena internt gua dari kemaren2 mati. hehehhe thanks a lot kawan :D

    ReplyDelete
  3. ayo dhana berjuang!! tannia bener tuh, yg penting lu hepi, kyk si itang tiap hari cengengesan kyk org gila, hehehe.. ayo semangat dhan!

    ReplyDelete